RANCANGAN
PEMBELAJARAN
STIKES
KARYA HUSADA SEMARANG
2015
Mata
kuliah :Asuhan
Kebidanan Nifas Sem : 3
Kode : 303 sks : 2
Prodi :DIII Kebidanan Dosen: Ana Rofika, S.S.T.Keb
KOMPETENSI : 1) Mampu:
(a) menyebutkan pengertian masa nifas, ( b) menjelaskan tahapan masa nifas
secara benar, (c) menjelaskan asuhan
yang diberikan pada masa nifas, 2) (a) mampu : menjelaskan proses
laktasi dan menyusui, (b) mendemonstrasikan cara menyusui yang benar, 3) mampu:
(a) menjelaskan cara merawat payudara, (b) mendemonstrasikan cara merawat
payudara dengan benar.
Tatap
muka ke / waktu
|
Kemampuan Akhir yang diharapkan
|
Materi / Bahan Ajar
|
Proses/ Metode Pembelajaran
|
Kegiatan Mhs
|
Kriteria Penilaian
|
Bobot
|
1
(100
menit)
|
Hard skills:
Mampu:
(a) menyebutkan pengertian masa nifas, ( b) menjelaskan tahapan masa nifas
secara benar, (c) menjelaskan asuhan
yang diberikan pada masa nifas
Soft skills:
Motivation
|
A.
Konsep dasar masa nifas
|
1.
Penjelasan
proses pembelajaran
2.
Penjelasan
penilaian.
3.
Ceramah
tentang konsep dasar masa nifas
4.
Brainstorming
5.
Tanya
jawab
6.
Member
informasi tentang referensi yang dipakai
|
Mendengarkan, brainstorming,
tanya jawab
|
--------
|
20%
|
2
(100
menit)
|
Hard skills:
Mampu:
(a) menyebutkan pengertian masa nifas, ( b) menjelaskan tahapan masa nifas
secara benar, (c) menjelaskan asuhan
yang diberikan pada masa nifas
Soft skills:
Motivation
|
B. pengertian
masa nifas
|
1.
Penyajian materi masa nifas
2.
Ceramah
3.
Collaborative learning.
4.
Dosen menginformasikan tugas untuk minggu berikutnya :
mencari materi tentang tahapan masa nifas
|
Mendengarkan ,
bekerja dlm kelompok yg beranggotakan 3 orang mengerjakan tugas dari
dosen: menyebutkan pengertian masa nifas
|
Ketepatan
mengidentifikasi
|
|
3
(100
menit)
|
Hard skills:
Mampu:
(a) menyebutkan pengertian masa nifas, ( b) menjelaskan tahapan masa nifas
secara benar, (c) menjelaskan asuhan
yang diberikan pada masa nifas
Soft skills:
Motivation
|
C.
asuhan masa nifas
|
1.
Pengumpulan
tugas
2.
Penyajian materi asuhan masa nifas
3.
Ceramah
4.
Penyajikan
materi asuhan masa nifas untuk dikritisi mhs
5.
Dosen menginformasikan tugas untuk minggu berikutnya:
scr individu membuat makalah tentang
konsep dasar masa nifas
|
Mengumpulkan tugas,
mendengarkan,
secara klasikal memberi penilaian ttg tugas
tahapan masa nifas
|
Ketepatan
mengidentifikasi
Keaktifan
mhs di kelas
|
|
4
(100
menit)
|
Hard skills:
Mampu:
(a) menyebutkan pengertian masa nifas, ( b) menjelaskan tahapan masa nifas
secara benar, (c) menjelaskan asuhan
yang diberikan pada masa nifas
|
D. pembahasan tugas
|
1.
Pembahasan tugas makalah
2.
Small test
3.
Remedy bg mhs yg blm mencapai kompetensi
|
Memberi
komentar ttg tugas-tugas yang ditampilkan,
mengerjakan small test:
|
Ketepatan
materi Keaktifan
mahasiswa di kelas
|
|
5
(100
menit)
|
Hard
skills
mampu : (a) menjelaskan proses laktasi dan menyusui, (b) mendemonstrasikan
cara menyusui yang benar
Soft
Skills:
Cooperation
|
E.
Laktasi dan menyusui
|
1.
Ceramah
2.
Brainstorming
3.
Collaborative learning
|
Mendengarkan,
brainstorming ttg laktasi dan menyusui
tanya jawab;
memahami proses laktasi dan menyusui
|
|
40%
|
6
(100
menit)
|
Hard
skills
mampu : (a) menjelaskan proses laktasi dan menyusui, (b) mendemonstrasikan
cara menyusui yang benar
Soft
Skills:
Cooperation
|
F.
mendemonstrasikan cara menyusui yang benar
|
1.
mendemontrasikan cara menyusui
2.
Ceramah
3.
mahasiswa berlatih cara menyusui yang benar
|
Mendengarkan, berlatih mendemonstrasikan cara menyusui yang benar
|
Ketrampilan
mahasiswa dalam mendemonstrasikan
|
|
7
(100
menit)
|
Hard skills
mampu: (a) menjelaskan cara merawat payudara, (b) mendemonstrasikan cara
merawat payudara dengan benar
Soft
Skills:
Cooperation
|
G.
perawatan payudara
|
1. Penyajian materi
perawatan payudara
2. Ceramah
3. Collaborative learning
4. Dosen
menginformasikan tugas untuk minggu berikutnya: mencari vidio tentang perawatan payudara
|
Membaca materi yang disajikan
dosen mendengarkan kuliah
ttg perawatan payudara,
|
Keaktifan
di kelas
|
40%
|
8
(100
menit)
|
Hard skills
mampu: (a) menjelaskan cara merawat payudara, (b) mendemonstrasikan cara
merawat payudara dengan benar
Soft
Skills:
Cooperation
|
H.
praktek perawatan payudara
|
1. Pembahasan tugas yg telah dicari mahasiswa
2. Memilih 1 dari tugas
mahasiswa
dan
mengembangkannya
3. mahasiswa berlatih
cara perawatan payudara dengan benar
4. Dosen berkeliling
kelas untuk membantu mahasiswa.
4. Dosen
menginformasikan tugas untuk minggu berikutnya: secara individu membuat vidio
tentang perawatan payudara
|
Memberi komentar tentang tugas yang telah dikumpulkan,
mengembangkan langkah perawatan payudara yang benar dan berlatih cara perawatan
payudara dengan benar
|
Ketepatan mencari video, keaktifan di kelas
|
|
9
(100
menit)
|
Hard skills
mampu: (a) menjelaskan cara merawat payudara, (b) mendemonstrasikan cara
merawat payudara dengan benar
Soft
Skills:
Cooperation
|
I.
praktek perawatan payudara
|
1.
Menginformasikan tugas yg telah dikirimkan.
2.
Diskusi
3. Remedy bg mhs yg blm mencapai kompetensi
|
Lima mahasiswa yg tugasnya mendapat nilai terbaik mempresentasikan
vidionya, mahasiswa lain mengajukan pertanyaan dan memberi komentar tentang vidio
perawatan payudara yang ditampilkan
|
Keaktifan dalam diskusi
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar